Fungsi Vitamin A: Vitamin (A)jaib Untuk Kesehatan

Fungsi Vitamin A: Vitamin (A)jaib Untuk Kesehatan 

Fungsi Vitamin A


Vitamin A merupakan vitamin larut dalam lemak atau minyak dan mempunyai beberapa fungsi dalam tubuh manusia. Terdapat sejumlah ikatan organik yang mempunyai aktivitas vitamin A, yang semuanya mengandung gelang beta ion-ion di dalam struktur molekulnya.

Ikatan kimia yang mempunyai aktivitas vitamin ini disebut preformed vitamin A, sebagai lawannya adalah provitamin A, yang terdiri atas ikatan karoten. Deretan homolog preformed vitamin A adalah vitamin A alkohol, vitamin A aldehid, dan vitamin A asam. Preformed vitamin A sekarang diberi nama retinol, dan homolognya retinal dan retinoic acid.

Ada dua jenis vitamin ini, vitamin A1 dan vitamin A2. Perbedaan struktur keduanya adalah adanya dua ikatan tak jenuh dalam cincin beta ionon pada vitamin A2, sedangkan vitamin A1 hanya mengandung satu ikatan kembar pada cincin tersebut. Bila menyebut vitamin A saja, biasanya yang dimaksud adalah vitamin A alkohol.

Preformed vitamin A terdapat khusus dalam bahan makanan hewani, sedangkan bahan makanan nabati hanya mengandung provitamin A yang disebut karoten. Sumber vitamin A preformed adalah hati, ginjal, dan minyak ikan.

Fungsi Vitamin A untuk penglihatan

Pada proses melihat vitamin A berperan sebagai retinal yang merupakan komponen dari zat penglihat rhodopsin. Rhodopsin ini mempunyai bagian protein yang disebut opsin yang menjadi rhodopsin setelah bergabung dengan retinene. Rhodopsin merupakan zat yang dapat menerima rangsangan cahaya dan mengubah energi cahaya menjadi energi biolistrik yang merangsang indra penglihatan. Rhodopsin terdapat pada bagian batang dari sel-sel retina. Gejala-gejala mata pada defisiensi vitamin A disebut xerophthalmia.

Fungsi Vitamin A untuk integritas epitel

Pada defisiensi vitamin A terjadi gangguan struktur maupun fungsi epithelium, terutama yang berasal ectoderm. Epitel kulit menebal dan terjadi hyperkeratosis. Kulit menunjukkan xerosis (kering) dan garisgaris gambaran kulit tampak tegas. Pada mulut folikel rambut terjadi gumpalan keratin yang dapat diraba keras, memberikan kesan kulit
seperti kodok tanah. Kondisi ini disebut juga phrenoderma atau hiperkeratosis follicularis.

Fungsi VItamin A untuk pertumbuhan

Pada defisiensi vitamin A terjadi hambatan pertumbuhan. Rupanya dasar hambatan pertumbuhan ini karena hambatan sintesis protein. Gejala ini tampak terutama pada anak-anak (balita) yang sedang dalam periode pertumbuhan yang sangat pesat. Tampaknya sintesis protein memerlukan vitamin A, sehingga pada defisiensi vitamin ini terjadi hambatan sintesis protein yang pada gilirannya menghambat pertumbuhan. Defisiensi vitamin A terdapat penurunan sintesis RNA, sedangkan RNA merupakan satu faktor penting pada proses sintesis protein.

Fungsi Vitamin A untuk permeabilitas membran

Vitamin A berperan dalam mengatur permeabilitas membran sel maupun membran dari suborganel seluler. Melalui pengaturan permeabilitas membran sel, vitamin A mengatur konsentrasi zat-zat gizi di dalam sel yang diperlukan untuk metabolisme sel.

Fungsi Vitamin A untuk pertumbuhan gigi

Ameloblast yang dibentuk email sangat diengaruhi oleh vitamin A. Pada kondisi kekurangan vitamin A ketika bakal gigi sednag dibentuk, terjadi hambatan pada fungsi ameloblast sehingga terbentuklah email gigi yang defektif dan peka terhadap faktor kariogenik

Fungsi Vitamin A untuk produksi hormon steroid

Vitamin A berperan dalam sintesis hormon-hormon steroid. Terdapat sejumlah hormon steroid yang bersangkutan dengan proses kehamilan dan proses pengaturan keseimbangan garam dan cairan tubuh

Fungsi Vitamin A untuk reproduksi

Pada binatang percobaan defisiensi vitamin A memberikan kemandulan, baik pada yang jantan maupun yang betina. Pada tikus betina, pembuahan tidak terjadi dan tikus menjadi steril. Demikian pula pada yang jantan. Pada percobaan invitro dengan pemeliharaan jaringan ovaria dan testis, terjadi hambatan perkembangan sel-sel reproduksi pada yang betina maupun yang jantan. Sel ootid tidak dapat berkembang menjadi sel ovum dan sel spermatid juga tidak berkembang lebih jauh menjadi spermatozoa. Sel-sel tersebut berhenti berkembang dan menunjukkan regenerasi,
kemudian diresorpsi.

Fungsi Vitamin A untuk sistem imun

Pemahaman mengenai mekanisme fungsi somatik vitamin A, khususnya mengenai respons kekebalan dan respons non spesifik resistensi penyakit, baru dikenal beberapa tahun terakhir. Secara mekanisme dikenal 4 mekanisme yaitu perubahan integritas dan fungsi epitel, jaringan limfoid, imunitas spesifik, dan mekanisme daya tahan nonspesifik.
Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan diferensiasi pergantian sel cepat, misalnya di garis epitel saluran nafas, saluran cerna, dan saluran urogenital. Ini menunjukkan peranan vitamin A dalam menjaga integritas sel dan mungkin fungsi penjagaan terhadap invasi sel patogen.

Jaringan limfoid terganggu akibat defisiensi vitamin A, dengan ditemukannya atrofi timus pada anak, sebagaimana yang ditemukan di hewan percobaan. Penurunan berat limpa disertai dengan penurunan selularitas juga ditemukan dengan limfonodus perifer yang ditemukan membesar.

Pada binatang percobaan, secara humoral ditemukan penurunan antibodi dari berbagai antigen akibat defisiensi vitamin A, walaupun kadar immunoglobulin total masih normal. Diduga hal tersebut akibat penurunan diferensiasi atau fungsi sel T. Pada pertemuan ilmiah perihal vitamin A dan morbiditas serta mortalitas pada Februari 1991 di Italia antara lain disepakati bahwa meskipun mekanisme vitamin yang tepat terhadap dampaknya pada mortalitas belum dipastikan, vitamin A diketahui mempengaruhi ekspresi paling sedikit 300 gen yang berbeda, yang pada gilirannya mempengaruhi diferensiasi sel, integritas epitel, dan fungsi-fungsi imunologis.


PULSA GRATIS!!!

Kamu punya blog atau punya akses untuk mengelola blog milik instansi tertentu (dinas, puskesmas, RS, universitas, dll)?
dan kamu mau PULSA GRATIS?

Buat artikel yang terkait dg artikel ini atau artikel lain di blog ini, lalu cantumkan URL artikelnya pada artikel kamu sebagai tambahan bacaan. Artikelnya gak perlu panjang-panjang kok, minimal 200 kata sudah boleh. Kalo kamu ada artikel lama yang tinggal diedit untuk ditambahkan URL artikel kami, itu lebih bagus lagi ^_^

Setelah kamu ada artikelnya, beritahu kami dengan cara kirim pesan kepada kami langsung dari menu "Hubungi kami" yang berisi nama kamu, nomor HP, dan URL artikel yang kamu buat.

Kami akan menyeleksi peserta yang memenuhi syarat lalu secara acak akan memilih peserta yang beruntung setiap bulannya untuk mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 20.000,-

Yuk, ikutan! kapan lagi bisa dapat pulsa gratis dengan mudah, hehe :D

Untuk mengirim pesan dan jika ada pertanyaan, hubungi kami disini >> http://www.sainsphd.com/p/hubungi-kami.html

Title : Fungsi Vitamin A: Vitamin (A)jaib Untuk Kesehatan
URL : http://www.sainsphd.com/2016/12/fungsi-vitamin-A.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »