Kehamilan dan Perubahan Sistem Tubuh yang Terjadi

Kehamilan dan Perubahan Sistem Tubuh yang Terjadi


Kehamilan
Credit: wikipedia(dot)org


Definisi Kehamilan


Kehamilan adalah proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan sejak konsepsi sampai umur 40 minggu (kelahiran) (Winkjosastro, 2005). Kehamilan merupakan peristiwa normal dalam siklus kehidupan perempuan dan sering kali menganggap bahwa kehamilan sebagai simbol dari feminitas seorang perempuan.

Periode Kehamilan


Kehamilan terbagi menjadi 3 periode yang disebut trimester I pada minggu 1-13, dimana pada masa ini merupakan masa perkembangan dan pembentukan organ. Trimester II pada minggu 14-26 yang merupakan tahap perkembangan dan pertumbuhan lanjutan dan trimester III pada minggu 28 sampai dengan persalinan (38-40 minggu) yang merupakan masa tumbuh kembang dan persiapan kelahiran karena pada awal masa ini janin telah dapat hidup di dunia luar dengan atau tanpa bantuan medis (Perry, et al. 2010).

Perubahan Sistem Tubuh Selama Kehamilan


Pada masa kehamilan terjadi perubahan pada tubuh yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada ibu hamil. Sistem tubuh yang mengalami banyak perubahan adalah sistem reproduksi. Sedangkan perubahan psikologis yang terjadi pada ibu hamil diawali di saat seorang wanita mengetahui bahwa dirinya telah hamil.

Akan tetapi tidak semua ibu hamil mengalami perasaan yang sama, ada beberapa ibu yang mengalami ketidaknyamanan sampai syok. Hal ini terjadi terutama pada ibu hamil yang kurang siap dalam menghadapi masa-masa kritis dalam masa kehamilan (Bobak, Jensen & Lowdermilk, 2004). Kehamilan merupakan masa transisi bagi wanita, karena terdapat banyak perubahan-perubahan yang terjadi baik fisik maupun psikologis.

Perubahan Sistem Reproduksi dan Payudara Selama Kehamilan


Pembesaran uterus pada awal kehamilan disebabkan oleh pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Pada wanita yang tidak hamil uterus merupakan organ padat dan saat kehamilan uterus berubah menjadi suatu rongga berdinding otot yang relatif tipis. Minggu pertama kehamilan bentuk uterus seperti buah pir dan berangsur-angsur menjadi ovoid pada bulan ke-3.

Pada trimester I ibu mulai merasakan kontraksi-kontraksi yang tidak teratur dan biasanya tidak terasa sakit. Serviks mengalami perubahan warna menjadi kebiruan dan pelunakan pada serviks merupakan tanda fisik dini kehamilan (goodle sign) yang diakibatkan peningkatan vaskularisasi.

Vagina dan vulva mengalami peningkatan vaskularisasi dan hiperemia pada otot-otot vulva menyebabkan kebiruan pada vagina (chadwick sign). Peningkatan ketebalan mukosa, hipertropi otot-otot polos mengakibatkan bertambah panjangnya dinding vagina. Ph vagina bersifat asam berkisar antara 3-5,6.

Payudara terasa nyeri dan sakit karena bertambah besar akibat hipertrofi alveoli mammae. Putting menjadi jauh lebih besar dan terlihat adanya hiperpigmentasi karena terjadi peningkatan hormon kehamilan yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan untuk mempersiapkan pemberian nutrisi pada jaringan payudara sebagai persiapan menyusui. Puting dan sekitarnya semakin berwarna gelap dan besar. Bintik-bintik kecil timbul di sekitar puting sebagai kelenjar kulit akibat perubahan hormon selama kehamilan.

Perubahan Sistem Kardiovaskuler Selama Kehamilan


Penurunan darah arterial, tahanan vaskuler dan peningkatan metabolisme darah mempengaruhi cardiac output. Keluhan pusing yang sering terjadi selama kehamilan trimester II, karena rahim membesar dapat menekan pembuluh darah besar sehingga menyebabkan tekanan darah menurun dan tampak sedikit pembengkakan pada wajah dan terutama terlihat pada kaki bagian bawah dan pergelangan kaki.

Varises akibat peningkatan volume darah dan alirannya selama kehamilan dapat menekan daerah panggul dan vena di kaki yang mengakibatkan vena menonjol dan dapat juga terjadi di daerah vulva vagina.

Perubahan Sistem Respirasi Selama Kehamilan


Sistem respirasi tidak terganggu oleh kehamilan, meskipun frekuensi pernafasan mengalami peningkatan untuk metabolisme, tetapi tidak mempengaruhi compliance paru. Hal ini didukung oleh adanya tekanan rahim yang membesar yang berada di bawah diafragma.

Perubahan Sistem Perkemihan Selama Kehamilan


Ginjal sedikit lebih besar selama kehamilan dan akan mengalami peningkatan kecepatan filtrasi glomerulus. Penyebabnya belum diketahui, keluhan sering buang air kecil yang terjadi pada awal kehamilan, dikarenakan rahim yang membesar dan menekan kandung kencing yang dapat menghilang pada trimester II dan dapat muncul kembali pada akhir kehamilan.

Perubahan Sistem Integumen Selama Kehamilan


Timbulnya kloasma gravidarum merupakan keluhan yang sering terjadi sejak akhir bulan kedua. Perubahan pigmen tersebut akibat melanocyt stimulating hormone (MSH) yang merupakan perangsangan estrogen dan progesteron. Perubahan kulit timbul pada trimester II dan III karena melanosit yang menyebabkan warna kulit lebih gelap. Strecth mark terjadi karena peregangan kulit yang berlebihan, biasanya pada paha atas dan payudara akibat peregangan kulit ini dapat menimbulkan rasa gatal.

Perubahan Sistem Gastrointestinal Selama Kehamilan


Tonus dan gerakan traktus gastrointestinal berkurang karena perpanjangan waktu pengosongan lambung akibat pengaruh dari hormon progesteron. Pyrosis (nyeri epigastrium) sangat lazim terjadi dalam kehamilan karena refluks sekresi asam lambung ke esophagus. Gusi mengalami hiperemia dan melunak sehingga mudah berdarah bila mengalami trauma ringan bahkan saat menggosok gigi.

Morning sickness, mual dan muntah. Hampir 50% ibu hamil mengalami mual yang biasanya mual dimulai sejak awal kehamilan dan ada kalanya juga dapat terjadi setiap saat. Mual ini biasanya dapat berakhir pada 14 mingggu kehamilan dan pada beberapa kasus dapat berlanjut sampai kehamilan trimester II dan III.

Akibat dari hal tersebut menyebabkan perut ibu hamil terasa kembung dan ketidaknyamanan. Keluhan konstipasi sering juga dialami selama awal kehamilan dan akhir semester III, karena tekanan rahim yang membesar ke arah usus dan peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus bekerja kurang efisien.

Perubahan Sistem Muskuloskeletal Selama Kehamilan


Sikap tubuh lordosis merupakan keadaan yang khas karena kompensasi posisi uterus yang membesar dan menggeser daya berat ke belakang lebih tampak pada masa trimester III yang menyebabkan rasa sakit bagian tubuh belakang karena meningkatnya beban berat dari bayi dalam kandungan yang dapat memengaruhi postur tubuh. Bayi yang semakin membesar selama kehamilan meningkatkan tekanan pada daerah kaki dan pergelangan kaki ibu hamil dan dapat mengakibatkan edema pada tangan yang disebabkan oleh perubahan hormonal akibat retensi cairan.

Perubahan Sistem Endokrin Selama Kehamilan


Perubahan sistem endoktrin pada kehamilan meliputi Hormon chorionic gonodotropin (HCG), progesteron, estrogen, prolaktin, oksitoksin, tiroksin, insulin, kortisol dan aldosteron. HCG, progestron dan estrogen merupakan hormon yang paling berpengaruh untuk berlangsungnya kehamilan. Sekresi hormon estrogen menyebabkan pembesaran uterus, pembesaran payudara dan merelaksasikan ligamentum pelvis sehingga menjadi lentur dan elastis. Perubahan ini dapat mempermudah janin melewati jalan lahir.


PULSA GRATIS!!!

Kamu punya blog atau punya akses untuk mengelola blog milik instansi tertentu (dinas, puskesmas, RS, universitas, dll)?
dan kamu mau PULSA GRATIS?

Buat artikel yang terkait dg artikel ini atau artikel lain di blog ini, lalu cantumkan URL artikelnya pada artikel kamu sebagai tambahan bacaan. Artikelnya gak perlu panjang-panjang kok, minimal 200 kata sudah boleh. Kalo kamu ada artikel lama yang tinggal diedit untuk ditambahkan URL artikel kami, itu lebih bagus lagi ^_^

Setelah kamu ada artikelnya, beritahu kami dengan cara kirim pesan kepada kami langsung dari menu "Hubungi kami" yang berisi nama kamu, nomor HP, dan URL artikel yang kamu buat.

Kami akan menyeleksi peserta yang memenuhi syarat lalu secara acak akan memilih peserta yang beruntung setiap bulannya untuk mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 20.000,-

Yuk, ikutan! kapan lagi bisa dapat pulsa gratis dengan mudah, hehe :D

Untuk mengirim pesan dan jika ada pertanyaan, hubungi kami disini >> http://www.sainsphd.com/p/hubungi-kami.html

Title : Kehamilan dan Perubahan Sistem Tubuh yang Terjadi
URL : http://www.sainsphd.com/2017/08/kehamilan-dan-perubahan-sistem-tubuh.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »