WOW! Ini Manfaat Kopi Pahit Bagi Kesehatan

WOW! Ini Manfaat Kopi Pahit Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Pahit

Apakah kamu suka minum kopi? Kopi memang merupakan salah satu komoditas pertanian asli dari Indonesia. Bahkan produk kopi juga terkenal di luar negeri untuk dijadikan minuman. Kebiasaan minum kopi di pagi atau sore sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Secangkir kopi di pagi hari dengan roti gulung bisa menjadi menu pembuka sebelum memulai aktivitas.

Kebiasaan minum kopi di pagi hari atau sore hari memang sudah menjadi tradisi. Secangkir kopi biasa diminum saat kita membutuhkan kafein untuk mengurangi rasa kantuk atau sebagai penambah suasana hati. Tapi masalahnya, kopi apa yang Anda minum?

Banyak orang minum kopi dengan berbagai modifikasi. Misalnya, kopi yang dicampur dengan susu, latte ataupun gula pasir. Minum kopi hitam dengan gula sering merupakan rutinitas yang sangat umum. Tapi apakah Anda pernah minum kopi pahit yang murni? Manfaat kopi pahit itu lebih baik daripada kopi yang diberi gula dan pemanis lainnya!

Kopi pahit murni adalah minuman kopi yang rasanya benar-benar pahit dan segar. Mengapa Anda tidak mencoba kopi hitam yang rasanya pahit? Karena banyak manfaatnya lho ternyata! Kopi murni memiliki dampak yang baik terhadap kesehatan. Mencampurnya dengan gula atau susu justru akan memberi efek tidak baik bagi tubuh.

Kandungan kafein dalam kopi hitam lebih cepat diserap tubuh dan otak. Kafein dalam tubuh bekerja untuk bersaing dengan fungsi adenosin, zat di dalam sel otak yang bisa membuat orang cepat tertidur. Maka, kafein dalam kopi ini bisa melawan rasa kantuk.

Kafein akan membalikkan semua aksi adenosin sehingga tubuh tidak lagi merasa mengantuk, namun sebaliknya membuat tubuh lebih segar, bersemangat, dan mata terbuka lebih lebar. Otot dan hati akan menghancurkan gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Selain itu, kopi hitam bisa membantu penurunan berat badan. Kopi hitam hanya memiliki 4,7 kalori. Dibandingkan dengan kopi yang dicampur gula atau susu yang bisa mengandung sebesar 56,6 kalori.

Kopi hitam juga mengandung antioksidan tinggi. Konsumsi kopi pahit tanpa gula juga bisa mengurangi risiko penyakit akut karena kandungan flavonoidnya yang tinggi. Mengkonsumsi kopi hitam terutama tanpa gula juga bisa mengurangi potensi diabetes.

Kopi jenis ini bisa memulai proses metabolisme untuk membuat produksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Kopi hitam juga terbukti melindungi pria dari kanker prostat, kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar / kolorektal.

Dikutip dari hasil penelitian National Cancer Institute (NCI) pada Mei 2012, Neal Freedman dari divisi Epidemiologi Kanker dan Genetika, dan rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap 400 ribu pria dan wanita dewasa di Amerika Serikat, tentang pengaruh antara minum kopi dan risiko kematian

Penyakit, seperti jantung, penyakit pernafasan, stroke, diabetes, infeksi dan kanker dibahas dalam penelitian ini. Hasilnya adalah kopi bisa mengurangi risiko penyakit utama penyebab kematian tersebut.

Seperti diketahui dari hasil penelitian tersebut. Dengan mengonsumsi kopi diyakini bisa menormalkan risiko penyakit kanker payudara, ketidakstabilan hormon insulin dan estrogen, penyakit kanker prostat dan juga obesitas.

Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi kopi setiap hari maka kita akan memiliki risiko 25 persen lebih rendah untuk mengalami batu ginjal. Bahkan, para pecinta kopi akan memiliki risiko depresi 15 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Diabetes identik dengan makanan dan minuman yang manis. Untuk bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen, kita bisa mengonsumsi kopi. Dengan catatan kopi yang diminum adalah kopi murni tanpa dicampur dengan pemanis atau gula.

Anda pasti pernah mendengar bahwa kopi mengandung kafein. Kafein dalam kopi sering dituding sebagai pemicu berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Tapi faktanya kafein tidak seburuk yang diduga. Berikut adalah beberapa fakta tentang kafein:

Kafein bisa berguna bagi tubuh karena ia bisa mempercepat kinerja otak. Kafein akan mengontrol kadar adenosin yang tidak normal, adenosin merupakan senyawa yang bisa menghambat kinerja otak dan sering berakibat pada rasa kantuk.

Tingkat kafein yang ditemukan dalam kopi ditentukan oleh proses pengolahan kopi itu sendiri yaitu proses pemanggangan, penggilingan dan penyeduhan.

Awalnya konsumsi minuman kopi sering dianggap bisa mengganggu kesehatan. Banyak orang menduga minuman kopi hitam akan menimbulkan masalah bagi jantung dan organ tubuh lainnya. Bahkan beberapa orang selalu mengalami insomnia karena mereka sering minum kopi hitam. Sebenarnya minum kopi hitam memiliki manfaat kesehatan yang besar. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi kopi hitam pahit tanpa gula untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa ringkasan tentang manfaat kopi pahit:

1. Sumber Anti Oksidan dan Memenuhi Nutrisi Tubuh

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung banyak anti oksidan dan berbagai sumber nutrisi seperti potasium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium sangat baik untuk tubuh karena bisa mengendalikan kadar gula darah. Selain itu magnesium dan kromium juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengkonsumsi minuman kopi tanpa gula secara teratur juga bisa mengurangi risiko penyakit akut karena adanya kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi.

2. Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia

Wanita dan pria yang minum kopi pahit tanpa gula juga akan memiliki fungsi saraf motorik dan sensoris yang sangat baik. Berkurangnya fungsi saraf umumnya terjadi pada orang tua dan menurunkan kemampuan aktivitas orang tua. Namun konsumsi kopi hitam telah terbukti mengurangi semua jenis proses penuaan yang berkaitan dengan saraf.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat kopi pahit yang pahit salah satunya adalah sangat bagus untuk mengurangi risiko kenaikan kadar gula darah. Kopi juga berfungsi untuk memudahkan proses metabolisme agar produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. Orang yang bisa mengonsumsi kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin tersebut.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Minuman kopi yang mengandung kafein juga mampu melindungi pria dari kanker prostat dan kanker usus besar. Selain itu, beberapa kanker lainnya yang bisa diminimalisir risiko terkenanya adalah kanker hati dan kanker payudara. Minum kopi hitam tanpa campuran gula dan zat lain bisa mengurangi risiko terbentuknya sel kanker.

5. Membuat Tubuh Kita Lebih Fit

Salah satu pakar kopi bernama menyampaikan bahwa jik kita mengkonsumsi kopi dengan cara yang benar maka ia akan bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Minum kopi secara teratur akan membuat kesehatan otot lebih kuat. Tapi jenis kopi yang harus diminum adalah kopi pahit tanpa gula atau kopi rendah gula.

6. Membantu Proses Diet

Kopi hitam tanpa gula akan menjadi minuman berkalori rendah. Anda bisa memasukkan menu minum kopi pahit tanpa gula dalam program diet Anda. Anda tidak perlu khawatir untuk meminumnya karena dengan tidak adanya gula pada kopi maka kalori yang ditemukan juga rendah. Bila Anda menambahkan gula atau krim ke kopi maka ia akan meningkatkan kandungan lemak dan kalori yang bisa menambah berat badan. Jadi, sebaiknya minumlah kopi tanpa gula.

7. Mendukung Kesehatan Tulang

Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang terjadi pada penderita penyakit tulang. Penyakit ini umumnya terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Hal ini dikarenakan periode saat dimana tubuh tidak bisa menyerap kalsium untuk tulang dengan optimal. Kalsium yang ada dalam kopi dapat memperbaiki kesehatan tulang dan segala jenis gangguan kesehatan tulang pada wanita dan pria.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kopi mengandung potasium yang berfungsi untuk menguatkan otot jantung dan menjaga detak jantung tetap normal. Beragam makanan berlemak tinggi yang kita konsumsi dapat berdampak buruk pada pembuluh darah. Untuk mengatasinya konsumsilah kopi pahit tanpa gula.

9. Menjaga Tubuh Tetap Aktif

Kopi pahit bisa menjaga tubuh tetap aktif karena kopi bisa meningkatkan performa otak yang dipengaruhi oleh kandungan kafein. Kafein akan memaksimalkan sistem kerja otak sehingga Anda tidak akan merasa mengantuk atau lelah.

10. Meningkatkan Produktivitas

Kopi merupakan minuman yang sangat baik untuk membantu proses penghancuran lemak dalam tubuh dan dapat meningkatkan produktivitas. Kafein juga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan memudahkan proses metabolismenya.


Wow, banyak dan luar biasa sekali ya ternyata manfaat kopi pahit. Kalo gitu, yuk ngopi! ^_^
PULSA GRATIS!!!

Kamu punya blog atau punya akses untuk mengelola blog milik instansi tertentu (dinas, puskesmas, RS, universitas, dll)?
dan kamu mau PULSA GRATIS?

Buat artikel yang terkait dg artikel ini atau artikel lain di blog ini, lalu cantumkan URL artikelnya pada artikel kamu sebagai tambahan bacaan. Artikelnya gak perlu panjang-panjang kok, minimal 200 kata sudah boleh. Kalo kamu ada artikel lama yang tinggal diedit untuk ditambahkan URL artikel kami, itu lebih bagus lagi ^_^

Setelah kamu ada artikelnya, beritahu kami dengan cara kirim pesan kepada kami langsung dari menu "Hubungi kami" yang berisi nama kamu, nomor HP, dan URL artikel yang kamu buat.

Kami akan menyeleksi peserta yang memenuhi syarat lalu secara acak akan memilih peserta yang beruntung setiap bulannya untuk mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 20.000,-

Yuk, ikutan! kapan lagi bisa dapat pulsa gratis dengan mudah, hehe :D

Untuk mengirim pesan dan jika ada pertanyaan, hubungi kami disini >> http://www.sainsphd.com/p/hubungi-kami.html

Title : WOW! Ini Manfaat Kopi Pahit Bagi Kesehatan
URL : http://www.sainsphd.com/2017/09/manfaat-kopi-pahit-bagi-kesehatan.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »