20 Fakta yang Belum Kamu Ketahui tentang Cairan dalam Tubuh Kita

20 Fakta yang Belum Kamu Ketahui tentang Cairan dalam Tubuh Kita

Air Simbol Kehidupan
Air sebagai simbol kehidupan
Credit : wikipedia(dot)org

Air merupakan komponen penting yang kita butuhkan untuk dapat bertahan hidup. Air dapat dikatakan sebagai simbol kehidupan, NASA bahkan menggunakan air sebagai indikator apakah sebuah planet diduga memiliki kehidupan atau tidak.

Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita di antaranya: ia membawa nutrisi penting ke dalam sel, membantu proses pembuangan produk limbah dari tubuh, membantu memecah dan mengangkut nutrisi dalam makanan yang kita makan, mengatur suhu tubuh kita, dan melumasi persendian kita.

Ada banyak lagi fungsi dari substansi H2O ini bagi tubuh kita, fungsi yang kita butuhkan untuk bertahan hidup bahkan pada tingkat sel. Penting bagi kita untuk cukup mengkonsumsi air agar ‘mesin’ tubuh kita tetap berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah 20 fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang air dalam tubuh kita:

1. Alasan utama kenapa kita kelelahan sepanjang hari


Tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh merupakan penyebab utama kelelahan saat kita beraktivitas sehari-hari.

Lelah karena Kurang Cairan
Kekurangan cairan ialah faktor utama penyebab kelelahan
Credit : pixabay(dot)com

2. Tubuh pria mengandung air lebih banyak daripada tubuh wanita


Secara rata-rata seorang pria mengandung air lebih banyak dari wanita, namun wanita dapat lebih banyak mengandung cairan saat ia hamil. Hal ini dikarenakan adanya air ketuban pada wanita hamil.

3. Kurang cairan sering kita salah interpretasikan sebagai rasa lapar


Sebuah penelitian menemukan bahwa hampir semua orang yang menjadi sampel penelitian yang merasa lapar pada tengah malam hari segera menghilang rasa laparnya setelah meminum segelas air. Hal ini dikarenkan kita sering menyalah artikan rasa haus kita dengan rasa lapar, sehingga sering berakibat pada tingginya asupan kalori padahal yang mungkin sebenarnya kita butuhkan hanyalah segelas air untuk rehidrasi.

4. Kita bisa kehilangan cairan karena bernafas


Air dapat keluar dari tubuh kita saat bernafas lewat uap air yang kita hembuskan. Sebagai gambaran, kita kehilangan sebanyak lebih dari satu gelas air setiap harinya hanya dari bernafas.

5. Kita butuh minum lebih banyak saat akan naik pesawat


Pernahkah kamu merasa haus saat setelah naik pesawat? Yup, kondisi udara di dalam pesawat selama penerbangan dapat mempengaruhi kandungan cairan dalam tubuh kita. Sebuah observasi yang dilakukan pada seseorang yang melakukan perjalanan dari Miami ke New York di Amerika menunjukkan bahwa ia kehilangan sebanyak kurang lebih 6 gelas cairan selama 3 jam perjalanan.

Kebutuhan Cairan Meningkat Saat Naik Pesawat
Orang yang naik pesawat membutuhkan relatif lebih banyak cairan
Credit : pxhere(dot)com

6. Air dapat berperan layaknya antioksidan


Air berperan dalam membuang toksin keluar dari tubuh kita. Dengan mengurangi jumlah toksin ini dari tubuh kita, maka berbagai penyakit termasuklah penyakit kanker dapat dikurangi risikonya.

7. Penting dalam kebersihan mulut


Air juga memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan mulut kita. Selain penting dalam proses pencernaan, air liur juga berperan dalam menjaga kebersihan mulut kita. Dengan konsumsi air yang cukup maka produksi air liur kita juga baik, sehingga air liur dapat menjalankan salah satu fungsi pentingnya dalam mencegah pembentukan karang dan lubang pada gigi.

8. Dehidrasi ringan dapat mengganggu kemampuan berkonsentrasi


Kehilangan cairan sebanyak 2% saja dapat segera mempengaruhi kerja otak kita. Berkurangnya kemampuan mengingat jangka pendek, kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, serta berkurangnya fokus atau konsentrasi adalah beberapa dampak yang muncul karena kurangnya cairan tubuh bahkan dalam jumlah yang sedikit sekalipun.

9. Air berperan sebagai pelindung dari benturan


Air dapat menyerap efek dari benturan pada banyak organ penting dalam tubuh kita misalnya organ mata, sumsum tulang belakang, bahkan air ketuban dalam kandungan berperan penting dalam melindungi janin dari benturan yag terjadi selama kehamilan.

10. Konsumsi air yang berlebihan juga bisa membahayakan


Meskipun direkomendasikan untuk mengkonsumsi air yang cukup, minum yang berlebihan dapat berakibat pada kondisi yang disebut intoksikasi air yaitu berupa hiponatremia. Konsumsi air yang banyak dalam waktu yang singkat dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Sakit kepala, kram, pandangan kabur, koma, bahkan kematian dilaporkan pernah terjadi karena intoksikasi air ini.

11. Air ialah komponen utama dalam darah


Air penting bagi tubuh kita karena perannya dalam bentuk plasma darah berperan dalam sistem transport dalam tubuh. Selain itu plasma darah juga berperan dalam meregulasi kadar pH, mentransfer antibodi ke seluruh tubuh, serta menjaga suhu tubuh.

Air Komponen Utama Plasma Darah
Air merupakan komponen utama dalam darah
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

12. Air juga terkandung dalam tulang dan otot kita


Tulang-tulang kita meskipun keras dan kokoh, sebenarnya memiliki pori yang halus serta mengandung sekitar 22% cairan. Sedangkan otot kita mengandung lebih banyak cairan yaitu kurang lebih sekitar 75%.

13. Hidrasi yang cukup dapat mencegah artritis


Dengan konsumsi cairan yang cukup, nyeri karena artritis (nyeri sendi) dapat dicegah atau dikurangi. Karena air berperan untuk melubrikasi sendi kita, maka konsumsi air yang adekuat akan mengurangi gesekan yang terjadi pada sendi.

14. Ibu menyusui membutuhkan air 3 gelas lebih banyak tiap harinya


Ini sangat masuk akal karena ibu akan mentransfer cairan dari tubuhnya dalam bentuk ASI kepada bayi yang ia susui.

15. Kurang cairan dapat menyebabkan gagal ginjal


Dehidrasi berat yang terjadi dapat berakibat pada gagal ginjal akut. Kondisi ini terjadi karena perfusi ginjal menjadi sangat buruk pada saat dehidrasi berat sehingga sel-sel nefron pada ginjal mengalami kematian.

16. Air berperan dalam melawan kanker


Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, air dapat beeran dalam mengurangi risiko kejadian kanker. Dengan mengkonsumsi cukup air setidaknya 5 gelas per hari, risiko kanker dapat kita turunkan dengan signifikan.

17. Air mempercepat usaha penurunan berat badan


Peneliti dari Jerman menemukan bahwa konsumsi air yang cukup dapat mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Selain mempercepat pembakaran kalori, minum air juga dapat membuat kita merasa lebih kenyang sehingga konsumsi makanan atau kalori dpaat kita batasi.

18. Air berperan dalam membuang limbah


Tubuh kita membuang limbah dengan tiga cara utama, yaitu : lewat urin (kencing), defekasi (buang air besar), dan perspirasi (keringat). Air jelas berperan penting saat kita buang air kecil dan berkeringat, selain itu konsumsi air yang cukup dapat mengurangi risiko konstipasi (susah buang air besar).

Air Membuang Limbah Tubuh Lewat Keringat
Air yang keluar melalui keringat berperan dalam membuang limbah dari tubuh
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

19. Air dapat membuat kita merasa lebih berenergi


Saat tubuh terhidrasi dengan optimal, kadar oksigen dalam tubuh kita juga meningkat karena peran air dalam plasma darah yang membantu dalam proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Kadar oksigen yang lebih baik juga akan berdampak pada lebih efisiennya proses pembentukan energi.

20. Jenis diet mempengaruhi kebutuhan cairan kita


Saat mengkonsumsi makanan yang tinggi protein atau tinggi serat, tubuh kita memerlukan lebih banyak cairan untuk memprosesnya. Demikian juga saat kita mengkonsumsi makanan yang terlalu tinggi kandungan gula atau garamnya, kita akan lebih mudah merasa haus.

Demikian 20 fakta tentang air dalam tubuh kita ini saya tulis, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa berikan tanggapan kamu di kolom komentar di bawah! ^_^


PULSA GRATIS!!!

Kamu punya blog atau punya akses untuk mengelola blog milik instansi tertentu (dinas, puskesmas, RS, universitas, dll)?
dan kamu mau PULSA GRATIS?

Buat artikel yang terkait dg artikel ini atau artikel lain di blog ini, lalu cantumkan URL artikelnya pada artikel kamu sebagai tambahan bacaan. Artikelnya gak perlu panjang-panjang kok, minimal 200 kata sudah boleh. Kalo kamu ada artikel lama yang tinggal diedit untuk ditambahkan URL artikel kami, itu lebih bagus lagi ^_^

Setelah kamu ada artikelnya, beritahu kami dengan cara kirim pesan kepada kami langsung dari menu "Hubungi kami" yang berisi nama kamu, nomor HP, dan URL artikel yang kamu buat.

Kami akan menyeleksi peserta yang memenuhi syarat lalu secara acak akan memilih peserta yang beruntung setiap bulannya untuk mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 20.000,-

Yuk, ikutan! kapan lagi bisa dapat pulsa gratis dengan mudah, hehe :D

Untuk mengirim pesan dan jika ada pertanyaan, hubungi kami disini >> http://www.sainsphd.com/p/hubungi-kami.html

Title : 20 Fakta yang Belum Kamu Ketahui tentang Cairan dalam Tubuh Kita
URL : http://www.sainsphd.com/2018/03/20-fakta-tentang-air-dalam-tubuh.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »