WOW! Ini Khasiat Daun Kelor yang Luar Biasa

WOW! Ini Khasiat Daun Kelor yang Luar Biasa

Tanaman Daun Kelor
Tanaman Daun Kelor
Credit : wikimedia(dot)org

Pernahkah kamu mengkonsumsi daun kelor? Tanaman yang berasal dari suku Moringaceae ini selalu menjadi primadona untuk makanan di rumah.

Tanaman daun kelor mulai populer dikenal sebagai "makanan super" yang baru karena kandungannya yang sangat bergizi dan bersifat anti-inflamasi, antioksidan, dan protektif bagi jaringan tubuh kita.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Moringa oleifera ini selain banyak ditemukan di Indonesia, juga dapat dengan mudah ditemukan di daerah India, Pakistan, dan Nepal yang juga telah menggunakannya sebagai ramuan untuk kesehatan sejak beberapa generasi untuk mengobati dan mencegah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, anemia, arthritis, penyakit hati, dan gangguan pernafasan, kulit, dan pencernaan.

Daun kelor memiliki bentuk oval berukuran kecil yang tersusun secara majemuk dalam satu tangkai. Mungkin saja Anda pernah mendengar pepatah "dunia tak selebar daun kelor”, hal ini dikarenakan memang daun kelor memiliki ukuran yang kecil. Meski berukuran kecil, daun kelor memiliki banyak manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, para ilmuwan menyebut tanaman ini sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Penelitian tentang khasiat daun kelor sudah dimulai sejak tahun 1980, baik pada daunnya, buah, biji, bahkan kulit kayunya.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor


Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan bagi anak-anak dan bayi untuk mengkonsumsinya, hal ini dikarenakan kandungan gizi pada daun kelor sangatlah tinggi, yaitu:

- Kalium tiga kali lipat lebih banyak dari pisang.

- Kalsium empat kali lipat lebih banyak dari susu.

- Vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak dari jeruk.

- Vitamin A empat kali lebih banyak daripada wortel.

- Protein dua kali lipat lebih banyak dari susu.

Bukankah itu menakjubkan? Sayuran asli Indonesia ini juga sudah populer di mancanegara. Banyak peneliti telah menemukan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Daun kelor juga bisa menjadi tanaman yang bisa dijadikan jamu herbal untuk banyak penyakit.

Suplemen Ekstrak Daun Kelor
Suplemen Ekstrak Daun Kelor
Credit : wikimedia(dot)org

Tak heran bila daun kelor juga dianggap sebagai tanaman magis yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan ajaib daun kelor ini membuat daun kelor sangat banyak dimanfaatkan.

Lebih dari 1.300 penelitian, artikel dan laporan telah menjelaskan manfaat daun kelor dalam melawan penyakit. Penelitian menunjukkan hampir setiap bagian tanaman daun jelor ini memiliki manfaat penting.

Daun kelor sangat populer di mancanegara serta di Indonesia. Berbagai penyakit bisa diobati dengan daun kelor. Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit, daun kelor juga bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Daun kelor yang dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah sakit. Selain itu, kelor juga bisa menambah daya tahan tubuh terhadap berbagai virus yang ada di sekitar kita.

Khasiat Daun Kelor


Khasiat daun kelor untuk tubuh kita sungguh banyak sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diambil dari daun kelor.

1. Memiliki kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, daun kelor mengandung asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi. Daun kelor ini mampu mengurangi peradangan (proses inflamasi) dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh.

Khasiat Daun Kelor sebagai Antioksidan
Credit : creative-commons-images(dot)com

Daun kelor memiliki beberapa senyawa anti penuaan yang bisa mengurangi efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaatnya menjadi lebih optimal dengan terkandungnya senyawa polifenol, vitamin C, beta karoten, quercetin, dan asam chlorogenic, senyawa ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti penyakit pada perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata.

2. Mempercantik kulit

Daun kelor ini bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami. Selain dengan memanfaatkan minyak daun kelor dan bubuk daun kelor yang dijual di pasaran, kita juga bisa langsung menggunakan daunnya secara alami.

Caranya, pertama buat pasta daun kelor. Pilih daun kelopak yang masih hijau dan segar, pisahkan dari rantingnya. Campurkan daun kelor dengan menambahkan sedikit air (agar daun kelor menjadi bentuk pasta). Kemudian pasta ini digunakan sebagai masker. Pasta daun kelor ini bisa disimpan selama 3 hari di kulkas.

3. Mengontrol berat badan

Penting bagi kita untuk menjaga berat badan. Teh daun kelor membantu mengatasi masalah pencernaan yang karena ia bermanfaat untuk merangsang proses metabolisme tubuh agar lebih optimal.

Khasiat Daun Kelor untuk Mengontrol Berat Badan
Credit : pixabay(dot)com

Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polifenol yang tinggi, zat ini berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh, serta menguatkan sistem imun dalam tubuh.

4. Membuat mata menjadi sehat

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A tinggi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Konsumsi daun kelor bermanfaat bagi organ mata agar selalu sehat dan terlihat jernih. Kandungan vitamin A pada daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, entah itu mengurangi risiko mata plus, minus, silinder dan katarak. Daun kelopaknya juga bagus untuk penderita diabetes dan bermanfaat untuk menjernihkan pandangan mata kita.

5. Memproteksi tubuh dari bakteri

Daun kelor memiliki khasiat antibakteri dan antimikroba yang melawan infeksi. Ia efektif terhadap jenis jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit dan strain bakteri yang bertanggung jawab atas masalah pada darah dan infeksi saluran kencing serta masalah pencernaan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Bayero Journal of Applied and Pure Sciences, ekstrak daun kelor mampu menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

6. Menyamarkan flek pada wajah

Daun kelor mengandung tinggi nutrisi seperti kalsium serta mineral seperti tembaga, besi, seng, magnesium, silika dan mangan. Daun kelor bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Pada daun kelor, ada lebih dari 30 antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kelor kaya akan mineral dan asam amino yang bisa membantu menghasilkan protein kolagen dan keratin, yang penting untuk keseluruhan kesehatan jaringan kulit pada tubuh kita.

Bagian dari tanaman daun kelor ini sering dimanfaatkan untuk produk kesehatan dan kecantikan kulit, mulai dari daunnya, bunganya, hingga produk minyak daun kelor.

Bunga kelopak pohon kelor sering digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan parfum, cologne, minyak rambut, dan minyak aromaterapi. Bunga kelopaknya mengandung asam oleat tinggi, disuling dengan sangat baik menjadi minyak. Minyak bunga kelopak bisa diandalkan untuk menyerap dan mempertahankan aroma.

7. Memenuhi gizi bagi ibu menyusui dan anak-anak

Daun kelor memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber gizi pada ibu menyusui dan anak-anak. Daun kelor mengandung protein, zat besi, dan vitamin C yang tinggi. Selain itu ada juga unsur flavonoid yang bermanfaat bagi ibu menyusui untuk menghasilkan lebih banyak ASI, serta kandungan proteinnya  untuk meningkatkan kualitas ASI.

Kandungan zat besi tinggi, yaitu 25 kali lebih tinggi dari bayam, sangat dibutuhkan bagi wanita haid yang umumnya kehilangan banyak zat besi lewat menstruasi.
Sedangkan untuk anak-anak, daun kelor bisa mulai dikonsumsi sejak bayi berusia lebih dari enam bulan.

Namun, sebaiknya ibu hamil harus menghindari konsumsi saun kelor selama kehamilan, terutama pada saar trisemester awal.

8. Mengobati penyakit rematik

Daun kelor ini bisa digunakan untuk rematik, kekakuan, dan nyeri pada sendi. Daun kelor bisa digunakan untuk mengobati rematik. Penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik bekerja dengan mengurangi nyeri pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi, yang sangat penting dalam mengatasi masalah rematik dan asam urat.

9. Menjaga kesehatan organ hati dan jantung

Daun kelor mengandung polifenol dalam konsentrasi tinggi pada daun dan bunganya yang bersifat melindungi hati terhadap oksidasi, toksisitas, dan kerusakan.

Daun kelor dapat mengurangi kerusakan dan fibrosis pada organ hati serta melawan proses oksidasi organ hati. Ia juga dapat mengembalikan enzim hati ke tingkat normal, mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan kandungan protein di hati.

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan Organ Hati
Credit : wikimedia(dot)org (modifikasi)

Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah (perombakan sel darah merah yang mati), produksi empedu, metabolisme fruktosa, metabolisme lemak, dan pengolahan nutrisi, dan hanya dapat memenuhi fungsi ini dengan bantuan enzim hati, jadi penting untuk dijaga kadarnya pada tingkat normal. Jika kadar enzim hati turun maka ia dapat mengganggu kemampuannya dalam merombak darah.

Sebuah studi yang dilakukan pada hewan uji di lab yang laporannya telah diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food edisi Februari 2009 menemukan bahwa daun kelor mampu menghilangkan kerusakan pada hati dan memberikan manfaat antioksidan.

Dalam penelitian tersebut juga, dengan dosis ekstrak daun kelor sebanyak 200 miligram per kilogram berat badan per hari selama 30 hari, mampu menurunkan kadar lipid yang teroksidasi, serta menjaga jaringan jantung dari kerusakan struktural.

Para peneliti kemudian membuat kesimpulan bahwa daun kelor memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk memperkuat temuan.

10. Memiliki sifat anti-aging

Sebuah studi pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology, emnyebutkan bahwa daun kelor mengandung antioksidan yang bermanfaat, para peneliti menemukan bahwa daun kelor bisa menyeimbangkan kadar hormon tubuh kita secara alami.

Sebuah studi yang melibatkan sembilan puluh wanita pascamenopause berusia antara 45-60 tahun dibagi menjadi tiga kelompok, yang diberikan beberapa jenis suplemen. Hasil peneilitin ini kemudian menunjukkan bahwa pemberian suplemen ekstrak daun kelor dan bayam mampu meningkatkan senyawa antioksidan secara signifikan, yang penting dalam memperlambat efek penuaan.

11. Bersifat anti kanker

Dalam sebuah penelitian dengan kultur jaringan sel kanker serviks pada manusia, yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology edisi Juni. Ekstrak kelopak tanaman daun kelor mampu mencegah dan menghambat proses pembentukan sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan kanker yang alami.

Antioksidan pada daun kelor sangatlah tinggi, disamping itu kandungan potassiumnya juga tinggi. Kandungan inilah yang membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan sel kanker dalam tubuh.

12. Menutrisi kulit

Daun kelor mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi, yang merupakan zat yang memberi manfaat penting bagi kesehatan kulit. Daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai sayuran, jika rutin dikonsumsi, ia dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat. Daun kelor yang ditumbuk juga bisa digunakan sebagai masker wajah, yang bisa membuat kulit lebih halus dan lebih sehat.

Khasiat Daun Kelor untuk Menutrisi Kulit
Credit : pixabay(dot)com

Daun kelor mengandung senyawa antibakteri, antijamur dan antiviral alami yang melindungi kulit dari infeksi. Manfaat lainnya bagi kulit antara lain menghilangkan bau, mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat, mengobati infeksi atau abses, mencegah ketombe, membantu menyembuhkan luka akibat gigitan dan luka bakar.

13. Mengobati diabetes

Kandungan mineral yang tinggi yaitu zinc, membuat kelor memiliki sifat anti diabetes. Kandungan ini diperlukan untuk produksi insulin, menurut penulis dari LaCrosse Wiconsin University, yang melakukan penelitian di laboratorium, yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes edisi Juni. Daun kelor bisa menurunkan kadar gula darah menjadi normal. Daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes.

 Senyawa asam klorogenik pada daun kelor juga terbukti mampu mengendalikan kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa (gula) yang dibutuhkan. Selain asam kloregenik, senyawa isothiocyanate juga memiliki efek untuk melawan diabetes.

Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Science Technology menemukan bahwa daun kelor memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah dan insulin pada pasien penderita diabetes.

14. Memperbaiki kesehatan pencernaan

Daun kelor memiliki khasiat antiinflamasi, yang bisa mencegah dan mengobati penyakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan infeksi. Penggunaan minyak daun kelor yang umum ialah untuk membantu memperbaiki fungsi hati karena manfaatnya untuk mendetoksifikasi racun dan zat berbahaya di dalam tubuh. Daun kelor juga bisa mengatasi penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, konstipasi, retensi dan diare.

15. Mengobati arthritis

Daun kelor membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada beberapa jenis penyakit arthritis, demikian menurut Journal of Chinese Integrative Medicine. Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor mampu mengurangi sensitivitas terhadap rangsangan nyeri pada sendi yang sakit atau meradang.

16. Mengontrol tekanan darah dan kolesterol

Salah satu manfaat lain dari daun kelor ialah juga untuk menjaga kadar kolesterol tinggi seperti yang dituliskan dalam Journal of Phytotherapy Research. Selain itu daun kelor juga mengandung bahan glikosida hiocarbamate, nitrile dan glycosides, yang memiliki manfaat menurunkan tekanan darah.

17. Menjaga kestabilan mood dan kesehatan otak

Sebagai makanan berprotein tinggi dan kaya akan asam amino triptofan, daun kelor memiliki manfaat sebagai neurotransmitter, termasuk membantu tubuh dan mood untuk merasa nyaman. Kandungan antioksidan dan senyawa tiroid pada daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh, mencegah fatigue, depresi, mood buruk serta insomnia.

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan Otak
Credit : pixabay(dot)com

Daun kelor bisa mendukung kesehatan organ otak dan fungsi kognitif karena aktivitas antioksidan dan sifat neuro-enhancer-nya. Daun kelor ini juga telah teruji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang baik.

Kandungan vitamin E dan C yang tinggi yang terkandung pada daun kelor bermanfaat untuk melawan oksidasi yang menyebabkan degenerasi neuron,  serta juga memperbaiki fungsi otak.

Daun kelor mampu menormalisasi neurotransmitter pada otak seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin; yang memainkan peran kunci dalam fungsi memori, mood, respons terhadap stimulus seperti stres dan kesenangan, serta kesehatan mental, misalnya dalam depresi dan psikosis.

18. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Bubuk ekstrak daun kelor memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung, terutama dalam pengendalian lipid (lemak) dalam darah, penurunan kadar kolesterol, serta baik untuk mencegah pembentukan plak di arteri pembuluh darah.

19. Mempercepat penyembuhan luka

Daun kelor memiliki khasiat pembekuan darah pada bagian daun, akar, dan bijinya yang bermanfaat untuk penyembuhan luka.

20. Melawan radikal bebas

Tanaman daun kelor mengandung antioksidan tinggi yang disebut flavonoid, polifenol, dan asam askorbat pada daunnya, bunganya, dan bijinya. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas, yaitu sejenis molekul yang dapat menyebabkan stres oksidatif, kerusakan sel, dan inflamasi.

Namun sebuah studi menemukan bahwa ekstrak daun kelor memiliki aktivitas antioksidan, kapasitas pembilasan radikal bebas, dan penghambatan oksidasi lipid yang lebih baik daripada bagian bunga dan bijinya.

Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan dan degradasi yang menyebabkan terjadinya radikal bebas pada sel-sel dari berbagai organ dalam tubuh kita, serta menjaga tubuh agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal.

Bagaimana cara memanfaatkan khasiat daun kelor?


Kamu bisa menambahkan bubuk daun kelor ke dalam minuman smoothie kamu atau meminumnya sebagai teh. Bubuk daun kelor dianggap aman dalam penelitian pada manusia, bahkan dalam dosis lebih besar sekalipun. Bubuknya memiliki cita rasa ringan, sehingga membuat teh daun kelor terasa ringan dengan sedikit rasa ‘earthy’.

Bubuk Daun Kelor
Credit : maxpixel(dot)freegreatpicture(dot)com

Sedangkan untuk ekstrak bijinya sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena ia telah menunjukkan efek toksisitas pada sel kekebalan tubuh.

Perhatian!! Jenis penggunaan daun kelor yang dihindari


Tanaman daun kelor cukup aman saat dikonsumsi dan digunakan dengan benar. Bagian daun, buah, dan biji-bijiannya aman bila dikonsumsi sebagai makanan. Namun, penting untuk menghindari konsumsi akar tanaman daun kelor ini karena ia bisa mengandung zat beracun bagi tubuh.

Konsumsi tanaman daun kelor sebaiknya juga perlu untuk dihindari bagi wanita hamil karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya dikhawatirkan akan menjadi penyebab komplikasi selama proses kehamilan. Ada perbedaan pendapat mengenai hal ini, namun solusi terbaiknya adalah dengan menghindari konsumsi daun kelor saat kehamilan.



Nah, sekian artikel tentang khasiat daun kelor ini saya buat. Semoga memberikan manfaat bagi Anda. Yuk, jaga kesehatan dengan mengkonsumsi daun kelor! ^_^



PULSA GRATIS!!!

Kamu punya blog atau punya akses untuk mengelola blog milik instansi tertentu (dinas, puskesmas, RS, universitas, dll)?
dan kamu mau PULSA GRATIS?

Buat artikel yang terkait dg artikel ini atau artikel lain di blog ini, lalu cantumkan URL artikelnya pada artikel kamu sebagai tambahan bacaan. Artikelnya gak perlu panjang-panjang kok, minimal 200 kata sudah boleh. Kalo kamu ada artikel lama yang tinggal diedit untuk ditambahkan URL artikel kami, itu lebih bagus lagi ^_^

Setelah kamu ada artikelnya, beritahu kami dengan cara kirim pesan kepada kami langsung dari menu "Hubungi kami" yang berisi nama kamu, nomor HP, dan URL artikel yang kamu buat.

Kami akan menyeleksi peserta yang memenuhi syarat lalu secara acak akan memilih peserta yang beruntung setiap bulannya untuk mendapatkan pulsa gratis sebesar Rp 20.000,-

Yuk, ikutan! kapan lagi bisa dapat pulsa gratis dengan mudah, hehe :D

Untuk mengirim pesan dan jika ada pertanyaan, hubungi kami disini >> http://www.sainsphd.com/p/hubungi-kami.html

Title : WOW! Ini Khasiat Daun Kelor yang Luar Biasa
URL : http://www.sainsphd.com/2018/03/khasiat-daun-kelor-yang-luar-biasa.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »